Manfaatkan Pekarangan Tanah Gambut dengan Menanam Jahe

Wahyu (29) merupakan warga dusun Sumber Harum Desa Harapan Jaya Kec. Tempuling Kab. Ingragiri Hilir yang saat ini aktif mengkampanyekan Gerakan Palawija (Ganja) semenjak tahun 2017, dimana kelompok tersebut beranggotakan 11 orang yang saat ini aktif menanam berbagai macam tanaman diantaranya cabai rawit, jagung manis, jeruk nipis, terong, lengkuas, merica, ubi kayu dan mahang.

Beberapa tahun belakangan wahyu aktif melakukan pembibitan jahe merah bersama 4 orang lain nya yang tergabung dalam kelompok Ganja tersebut, setidaknya sudah 15.000 ribu bibit yang sudah mereka hasilkan hingga tahun ini dan di beli oleh para petani dari berbagai Desa di Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

Wahyu mengungkapkan Bibit jahe yang siap tanam minimal sudah berumur 3 (tiga) bulan, dan media tanah yang di gunakan merupakan tanah gambut dengan campuran serabut kelapa sawit dimana dari hasil riset lapangan serabut tersebut bagus untuk menjaga kelembaban media tanam bibit jahe.

Pembangunan Sekat Kanal di Desa Harapan Jaya untuk menjaga gambut tetap basah

Desa Harapan Jaya sendiri merupakan desa yang mayoritas tanah nya merupakan tanah gambut, yang rentan terhadap kejadian kebakaran dimana salah satu penyebabnya kanal – kanal yang terdapat di Desa Harapan Jaya memotong kontur gambut sehingga mudaha terjadi pengeringan pada saat musim kemarau dan kebanjiran pada saat musim hujan.

Seluruh inisiatif yang di lakukan oleh wahyu merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjaga kelestarian gambut di wilayah mereka dengan menemukan berbagai alternatif bertani di lahan gambut tanpa membakar, tetapi sampai saat ini desa kami masih sangat rentan pada musim kemarau sehingga di perlukan upaya lebih lanjut untuk menjaga kelembapan tanah gambut di desa kami.

Default image
YayasanGambut (YG)
Mendukung pengelolaan sumber daya alam lahan basah dan ekosistem yang berkelanjutan melalui kemitraan strategis dengan berbagai stakeholder dan masyarakat lokal.
Leave a Reply