Pelatihan Budidaya Jahe dan Keladi di Lahan Gambut

Yayasan Gambut menghadiri pelatihan budidaya Jahe dan Keladi di Lahan Gambut yang di taja oleh WWF Riau di Gedung Serba Guna Desa Temiang, Kec. Bandar Laksamana Kab. Bengkalis, Rabu (3/12/2020). Acara tersebut di hadiri oleh Camat Bandar Laksamana, Acil Esinno, Kepala Desa Temiang, Masdar, Kelompok Tani Keladi Unggul Desa Sukajadi, Kelompok MPA Desa Temiang, Kelompok Perempuan Tani Makmur Jaya Desa Temiang serta di Hadiri oleh Penyuluh Pertanian Desa Sukajadi dan Temiang dimana total peserta yang hadir sebanyak 34 Orang.

“Tanaman keladi ini cocok di tanam di lahan gambut, dan dalam satu hektar bisa di tanam sebanyak 15.000 bibit keladi, dan untuk tekhnis penanaman kami siap mendampingi petani serta sanggup menampung hasil panen keladi dari petani, dimana saat ini kami sudah mengirim keladi untuk ekspor dan kebutuhan lokal” tutup Pak Ridwan di akhir penyampaian materi budidaya keladi

Selanjutnya Pak Rasidi penggerak tanaman palawija lahan gambut tanpa bakar di Desa Harapan Jaya, Kec. Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir memaparkan materi terkait budidaya jahe merah, dalam materi nya di jelaskan berbagai jenis bahan yang bagus untuk di jadikan bibit jahe merah, saat ini pak rasidi banyak mensuplai kebutuhan bibit jahe merah di bebeberapa desa di Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu

Praktek Penanaman Jahe Menggunakan Media Tanah Gambut dan Serabut Pelepah Kelapa Sawit

Yayasan Gambut sendiri telah mendukung penyediaan 1000 bibit jahe merah terhadap kelompok Perempuan Tani Makmur Jaya Desa Temiang yang beranggotakan 11 orang, acara pelatihan tersebut merupakan bagian dari dukungan WWF Riau untuk meningkatkan kapasitas petani di Desa Temiang dan Desa Sukajadi, yang juga sejalan dengan inisiatif Yayasan Gambut untuk terus Mendukung Pengelolaan Sumber Daya Alam Lahan Basah dan Ekosistem yang Berkelanjutan melalui kemitraan strategis dengan berbagai stakeholder dan masyarakat lokal.

Acara tersebut di tutup oleh Samsul Komar, WWF Riau Spesialis Fire Monitoring & Restoration Sumatera Peatland yang juga berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada kelompok perempuan Tani Makmur Jaya dengan menambahkan 1000 bibit Jahe Merah, pengembangan nursery tanaman hutan dan penyediaan bibit tanaman kopi yang akan berkolaborasi dengan Yayasan Gambut.

Default image
YayasanGambut (YG)
Mendukung pengelolaan sumber daya alam lahan basah dan ekosistem yang berkelanjutan melalui kemitraan strategis dengan berbagai stakeholder dan masyarakat lokal.
Leave a Reply